diet

Makanan Rendah Kalori Cocok untuk Diet – Setiap orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet untuk membuat tubuhmu ideal, simak ulasan berikut. Saat kita menjalankan sebuat program diet, pasti kamu sangat memperhatikan setiap makanan yang akan kamu konsumsi. Terutama  makanan yang rendah kalori. Makanan rendah kalori tidak akan membuat tubuh anda semakin berlemak. Setiap orang yang ingin mengingin tubuh yang ideal harus sangat memperhatikan makanan yang berkalori, sebab halnya jika kita hanya mengurangi porsi makanan saja itu tidak akan membuat tubuh anda langsung ideal. Berikut adalah makanan-makanan rendah kalori yang bisa membantu kamu mendapatkan tubuh yang ideal.

buncis

1. Kentang
Selain tinggi karbohidrat, kentang juga kaya akan natrium, kalium, protein, vitamin A, vitamin C, Vitamin B6, zat besi, kalium dan juga magnesium. Dalam 100 gram kentang terkandung 76,7 kcal. Oleh karena itu, kentang yang diminati orang yang sedang diet karena termasuk makanan rendah kalori, tetapi tetap mengenyangkan jika dimakan.

Namun, kentang yang rendah kalori ini hanya ketika dipanggang atau direbus. Kentang goreng dan keripik kentang justru tidak menyehatkan karena mengandung lemak yang tinggi. Jadi ingat, bukan asal kentang yang cocok untuk diet, tetapi kentang rebus atau panggang.

2. Oatmeal
Oatmeal tidak hanya rendah kalori, tetapi juga kaya akan protein dan serat. Dalam 100 gram Oatmeal terkandung 67,6 kcal. Di mana dengan jumlah lemak jenuh 1,4 gram, natrium 49 mg, kalium 61 mg. Lalu, oatmeal juga diperkaya akan vitamin A, Kalsium, zat besi, vitamin B6, dan juga magnesium. Oatmeal sangat cocok dikonsumsi sebagai bubur atau sereal saat sarapan pagi untuk menu diet Realfoodfam.

3. Telur
Dalam 100 gram telur (baik telur ayam, bebek, angsa) terkandung total kalori 155,1 kcal. Nah, untuk variasi jumlah kalori pada menu telur lainnya bisa dilihat di bawah ini.

Telur puyuh 158,5 kcal
Telur rebus 155,1 kcal
Putih telur mengandung 51,6 kcal
Untuk jumlah kalori paling tinggi ada pada kuning telur yang mencapai 321,7 kcal.
Berdasarkan riset, mengonsumsi telur goreng dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar lemak jahat akibat minyak yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu disarankan mengonsumsi telur rebus karena lebih menyehatkan.

4. Dada Ayam
Dada ayam adalah daging tanpa lemak yang rendah kalori, tetapi kaya akan protein. Setiap 100 gram potong dada ayam mengandung jumlah kalori 164,9 kcal. Mengandung 86 mg kolesterol, 74 mg natrium, 256 mg kalium, 31 g protein, dan kaya akan vitamin A, kalsium, vitamin D, vitamin B12, zat besi, vitamin B6, dan magnesium.

Baca Juga : Makanan Bergizi Ini Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

5. Daging Ikan
Daging ikan merupakan salah satu sumber protein terbesar, terutama untuk ikan kod, ikan patin, ikan salmon, ikan kembung, dan ikan tuna. Sebagai contoh per 100 gram ikan kod mengandung 82 kcal dan 18 gram protein. Sedangkan, dalam 100 gram ikan tuna terkandung 131,9 kcal dan 28 gram protein. Lalu, untuk jenis ikan salmon mengandung 208,2 kcal dan 20 gram protein. Untuk memasaknya, ikan tuna lebih baik direbus, dipepes, atau dipanggang agar tidak mengandung lemak jahat.

6. Buah Beri
Buah beri, seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan blackberry memiliki kalori yang rendah. Tidak hanya rendah kalori, buah beri juga kaya akan vitamin, mineral, dan kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, tingginya serat yang terkandung dalam buah beri juga mampu meningkatkan penurunan berat dan mengurangi rasa lapar.

7. Semangka
Semangka adalah buah yang memiliki kandungan air sangat tinggi sehingga membuat semangka mampu membuat Realfoodfam terhindar dari dehidrasi dan merasa kenyang. Selain itu, semangka juga rendah kalori dan kaya akan vitamin A dan vitamin C. Per 100 gram semangka mengandung 30,4 kcal. Untuk itulah, buah rendah kalori seperti semangka cocok untuk Realfoodfam konsumsi saat diet.

8. Wortel
Selain baik dikonsumsi untuk kesehatan mata, wortel juga makanan yang baik dikonsumsi ketika menurunkan berat badan. 100 gram wortel mengandung 41 kcal. Wortel juga mengandung vitamin A dan C yang tinggi, vitamin B, kalium, dan magnesium di dalamnya. Wortel cocok untuk dijadikan sebagai menu sayuran ataupun jus wortel.

By admin