Makanan Khas Korea yang Menyehatkan

Makanan Khas Korea yang Menyehatkan – Seperti yang kita ketahui bahwa Korea memiliki menu makanan yang khas dan banyak yang dapat mengunggah selera maan kita. Salah satu makanan yang terkenal adalah kimchi. Bukan hanya itu saja loh, masih banyak makanan khas lainnya yang menyehatkan loh.

Dari sekian banyak makanan Korea yang sering kita lihat di drakor, setidaknya beberapa makanan ini wajib kamu coba. Apa saja?

Samgyetang

Samgyetang atau sup ayam ginseng ini merupakan sup tradisional Korea yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Daging ayam ini masak dengan bawang putih, daun bawang, jujube Korea (kurma Korea), ginseng Korea, serta rempah-rempah lainnya yang dimasukkan ke dalam daging ayam.

Kandungan dari ginseng memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kelelahan hingga merangsang sistem kekebalan tubuh. Uniknya, warga Korea mengonsumsi makanan ini dimusim panas.

Orang Korea percaya dengan istilah ‘melawan api haruslah dengan api’. Jadi, bila udara panas mereka akan mengonsumsi makanan panas. Begitupun sebaliknya, saat udara dingin harus mengonsumsi makanan dingin. Akan tetapi, jangan khawatir, Anda tetap bisa mengonsumsi makanan ini di saat musim dingin.

Miyeok-Guk

Makanan Korea yang sehat selanjutnya yaitu Miyeok-Guk (sup rumput laut). Makanan ini biasanya dihidangkan saat ulang tahun. Tradisi ini dimulai karena kebiasaan ibu hamil mengonsumsi Miyeok-Guk beberapa bulan menjelang kelahiran. Makanan ini dipercaya memiliki gizi yang dibutuhkan untuk ibu dan janin.

Rumput laut ternyata memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kesuburan, meningkatkan fungsi tiroid, mengatasi penyakit kulit hingga membantu mengatur hormon. Tidak heran bila Miyeok-Guk menjadi makanan yang istimewa di Korea Selatan.

Baca Juga : Resep Membuat Pisang Gapit

Kimchi

Bila anda makan di restoran Korea, rasanya tidak lengkap tanpa kehadiran Kimchi. Kimchi adalah salah satu makanan tertua di Korea. Walaupun Kimchi jarang disukai orang-orang terutama di Indonesia, akan tetapi makanan satu ini memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan kadar kolesterol, membuat kulit tampak bercahaya, meningkatkan imunitas tubuh hingga membantu menurunkan berat badan.

Tidak heran banyak wanita Korea memiliki tubuh langsing dan kulit yang cerah. Kimchi sangat baik jika dikonsumsi karena serat yang tinggi dan rendah kalori.

Musaengchae

Musaengchae hampir sama seperti Kimchi. Hanya saja, Musaengchae menggunakan bahan dasar lobak putih yang pedas dan di diamkan hingga berfermentasi. Lobak memiliki manfaat yang banyak, seperti tinggi serat, dapat mengontrol tekanan darah, meningkatkan imunitas, dan lain-lain.

Selain itu Musaengchae tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak jenuh, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Musaengchae mengandung serat yang tinggi, sehingga makanan ini juga cocok untuk Anda yang ingin menjalankan diet sehat.

Kongnamul Muchim

Makanan satu ini menggunakan bahan dasar kecambah atau tauge. Kecambah ini diolah dengan bawang putih, bubuk cabai dan minyak wijen. Makanan ini biasa disajikan sebagai menu tambahan atau side dish makanan Korea. Kecambah memiliki banyak manfaat seperti membantu pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menurunkan berat badan.

By admin