burger

10 Makanan Cepat Saji Yang Tidak Baik Bagi Kesehatan – Makanan siap saji merupakan makanan yang sangat mudah diolah. Makanan siap saji memang memiliki rasa yang enak karena makanan ini mengandung banyak gila, lemak, dan garam. Namun itu juga yang menjadi potensi bahaya bagi kesehatan kita. Banyak ragam makanan yang bisa memanjakan lidah anda.

Salah satunya adalah makanan siap saji. Makanan ini digemari oleh semua kalangan , mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mengkonsumsi makanan cepat saji sudah menjadi tradisi masyarakat urban di era modern seperti sekarang ini. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti ini tidak baik untuk kesehatan

Jika di makan sesekali, makanan siap saji ini mungkin masih aman bagi kesehatan . Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atu sering, misalnya pada acara mukbang, makanan siap saji ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Beberapa restoran siap saji bahkan menggunakan minyak sayur yang mengandung banyak minyak atau lemak jenuh untuk menggoreng makanannya.

Padahal minyak tersebut tidak baik untuk tubuh kita karena dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan diabetes di anjurkan untuk sangat berhati-hati terhadap makanan siap saji. Sebab, kadar lemak pada makanan ini cukup tinggi. Contohnya dalam satu porsi kentang goreng dan nugget ayam terdapat total lemak jenuh sekitar 41 hingga 71 gram.

Selain bahaya yang sudah banyak kita ketahui seperti dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke bisa juga terjadinya gangguan pernafasan, pemicu munculnya jerawat, meningkatkan kadar insulin, merusak gigi, depresi, perut kembung , berat badan naik, tulang jadi rapuh serta dapat menyebabkan kolestrol tinggi.

Adapun jenis makanan yang ada di restoran cepat saji, yang ternyata dapat memicu terjadinya pembentukan kanker dan penyakit berbahaya lainnya

1. Kentang goreng

Kentang goreng merupakan makanan ringan yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tapi, makanan satu ini tetap dianggap buruk bila orang terlalu sering mengonsumsinya.

Apapun makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur, akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebab, makanan itu akan mengandung lemak tak jenuh ganda, yang menghasilkan radikal bebas kanker dalam tubuh.

Kentang goreng juga cenderung mengandung bahan kimia penyebab kanker yang disebut dengan akrilamida.

2. Hot dog

Roti berlapiskan daging sapi berukuran panjang dicampur dengan sedikit mayones, saus sambal, dan saus tomat ini pun memiliki kandungan yang tidak menyehatkan untuk tubuh.

Hot dog secara langsung berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Yang menjadi masalah bukanlah daging yang ada di makanan itu, melainkan tingginya garam dan pengawet yang kerap digunakan.

Jika benar-benar ingin mengonsumsi makanan satu ini, pilihlah yang organik, dengan kandungan rendah lemak dan sodium.

3. Donat

Donat polos tidak mengandung banyak kalori, dan tidak membahayakan tubuh Anda. Tapi, sekarang ini donat telah memiliki banyak varian rasa, dan mengandung banyak gula.

Bila mengonsumsinya hanya satu, mungkin tidak jadi masalah. Namun pada kenyataannya, rata-rata individu mengonsumsi donat sebanyak dua sampai tiga buah.

Ingat, di dalam donat yang berasa tidak mengandung nutrisi sama sekali, yang sudah pasti membuat pengonsumsinya akan terus merasa kelaparan.

4. Bacon

Bacon terkandung natrium yang tinggi. Tiga potongan daging saja sudah sangat berbahaya, karena mengandung sodium sangat tinggi.

5. Keripik kentang

Keripik kentang lebih berbahaya untuk kesehatan karena rata-rata individu rutin mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat besar.

Selain kadar lemak yang tinggi, keripik ketang juga mengandung banyak sodium dan pengawet lainnya, yang berkontribusi terhadap kesehatan pengonsumsinya.

6. Es krim

Es krim memang sangat nikmat bila dikonsumsi ketika cuaca sedang terik-teriknya. Tapi, es krim mengandung banyak kalori dan gula yang tidak kalah banyaknya dari sebotol minuman soda.

Es krim yang berbahaya ini maksudnya bila ia dicampurkan dengan susu dan dijadikan milkshake. Bila dijadikan milkshake maka Anda disebut telah mengonsumsi sekitar 1.000 kalori.

7. Stick keju

Keju sendiri tidak begitu membahayakan bagi kesehatan. Namun akan menjadi masalah bila keju ini sudah dicampurkan dengan tepung roti dan digoreng.

Jadinya, di dalam stick keju terdapat lemak dan sodium yang sangat tinggi, dan sudah pasti sangat berbahaya untuk tubuh.

8. Burger

Hamburger merupakan makanan cepat saji dengan nilai gizi yang sangat sedikit, dan sarat dengan segala sesuatu yang buruk bagi kesehatan.

Burger yang tersedia di restoran cepat saji pun telah dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

9. Nugget ikan

Nugget ikan kerap diberikan orangtua ke anak-anaknya. Ini jelas melanggar aturan, dan tidak baik bila terlalu sering diberikan.

Bila ingin sehat, makanlah daging ikan yang benar-benar fresh, dan jangan memilih ikan yang sudah diolah seperti ini.

Ingat, ikan yang sudah diolah rata-rata mengandung banyak bahan pengawet, apalagi bila digoreng.

10. Pizza

Pizza yang dicampur dengan banyak keju, daging, saus, dengan bahan lainnya, mengandung 600 kalori per slice-nya. Sebab, makanan itu mengandung lemak jenuh, sodium, dan karbohidrat yang tinggi.

By admin